Monday, January 14, 2019

Published January 14, 2019 by with 0 comment

Menjadi Salah Satu Indikator Kenyamanan Pengguna, Perpustakaan Telkom University Memiliki Hal Ini !

Perpustakaan Telkom University

Kenyamanan pengguna merupakan hal yang paling penting dalam melihat keberhasilan suatu perpustakaan, namun kenyamanan disini tidak dapat dinilai oleh hanya satu indikator saja, terdapat banyak indikator dalam menilai tingkat kenyamanan diantaranya: pencahayaan, pengudaraan, warna, petunjuk/tanda, aksesibilitas, keamanan dan keselamatan di perpustakaan.
dalam artikel ini saya akan membahasa sedikit mengenai salah satu indikator di atas yaitu  mengenai Pencahayaan, dengan objek suatu perpustakaan ternama di Bandung yaitu perpustakaan Universitas Tekom. meskipun hanya perpustakaan universitas, perputakaan yang dering dipanggil dengan sebutan perpustakaan Tel-U ini sangat populer karena memiliki desain yang modern dan kekinian.

Berbicara mengenai pencahayaan pasti banyak diantara kalian yang berfikir bahwa pencahayaan hanya terbatas dengan adanya jendela dan lampu saja, namun sebenarnya banyak aspek yang harus diperhatikan dalam menghasilkan pencahayaan yang bagus dalam suatu ruangan, misalnya apakah penempatan perabot tidak menghalagi jendela ? atau apakan posisi jendela tidak mehadap komputer karena akan membuat pengunjung tidak nyaman dan lain sebagainya .

setelah saya berkunjung ke perpustakaan Tel-U, saya menganalisa bahwa perpustakaan Tel-U ini memiliki pencahayaan yang  baik dan pas bagi penggunanya, ko bisa menyimpulkan seperti itu ? mari kita bahas.
lantai 2

dapat dilihat dari gambar diatas, bahwa perpustakaan Tel-U ini memiliki banyak sekali lampu karena mengingat ukuran ruangannya pun cukup besar, saya berkunjung saat sore hari maka semua lampu dinyalakan, namun jika pagi dan siang hari mereka hanya menggunakan jendela di sampingnya sebagai penerangan, hal tersebut membuat pengunjung merasa nyaman untuk membaca atau pun mengerjakan tugas karena kapanpun mereka datang mereka tidak akan kekurangan penerangan. Penerangan merupakan salah satu indikator terpenting dalam menunjang kenyamanan pengunjung, coba bayangkan saja jika sebuah perpustakaan tidak memiliki penerangan, maka akan sia-sia saja, mau sebagus apapun perpustakaan itu pengunjung tidak dapat menikmatinya, terlebih lagi kebanyakaan pengunjung yang datang adalah untuk membaca buku dan jika penerangannya kurang atau bahkan tidak ada bagaimana jadinya ?

spot foto yang menarik
dan yang tidak kalah pentingnya bagi kia-kita anak muda zaman now yaitu spot foto, perpustakaan Tel-U memiliki banyak sekali bahkan hampir setiap sudutnya memiliki spot foto yang unik dan menarik, nah jika sudah seperti ini sangat disayangkan jika pencahayaanya tidak memadai, namun tenang saja perpustakaan Tel-U ini sudah memiliki keduanya, yaitu spot foto yang bagus dan pencahayaan yang memadai, dannn jadilah foto yang menarik untuk kita upload di  media sosial, jika sudah seperti itu semua orang akan semakin mengenal perpustakaan Tel-U :)

lantai 1
Selain dari itu perpustakaan Tel-U tidak menempatkan komputer di depan jendela, bahkan hampir semua komputer disimpan membelakangi jendela atau bahkan spot-spot disimpannya komputer dibuat untuk tidak memiliki jendela, hal ini untuk menghindari pantulan cahaya dari luar pada layar komputer yang akan membuat mata penggunanya sakit dan yang pasti membuat mereka tidak nyaman. sama halnya dengan koleksi-koleksi yang terdapat di perpustakaan Tel-U, demi menjaga koleksi agar tetap dalam kondisi baik, perpustakaan Tel-U tidak membuat ruang koleksi mendapat sinar matahari langsung, mereka hanya menyinarinya dengan lampu-lampu.

itulah analisis saya mengenai pencahayaan di Perpustakaan Universitas Telkom, bagaiamana? sudahkan anda tertarik untuk mengunjungi perpustakaan Tel-U? Fyi perpustakaan Tel-U ini meskipun merupakan perpustakaan Universitas namun bersifat Open Library, jadi terbuka untuk umum, jadi tunggu apa lagi !
eitts,,, tapi sebelum kalian mengunjungi perpustakaannya, kalian bisa mengunjungi websitenya terlebih dahulu untuk mengetaui informasi terupdate dari perpustakaan Tel-U, kalian bisa lihat disini https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/ 
      edit

0 comments:

Post a Comment